Bmw Z4 Roadster (2006)
Klik thumbnail untuk download foto mobil ukuran 1600 x 1200
Z4 generasi kedua yang diluncurkan oleh BMW di Jerman pertengahan Desember lalu ini tak hanya sekadar desain eksotis pada eksterior dan interior. Namun juga kesempurnaan pada pengendalian dan performa.
Banyak perubahan ditemui pada BMW Z4 terbaru. Utamanya garis bodi dan karakter yang lebih sportif. Konstruksi bodi alumunium Z4 kini memiliki dimensi lebih besar dengan panjang 4.239 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.291 mm. Kabin juga lebih lega dengan bertambah 44 mm pada headroom, 20 mm pada bagian pundak dan 43 mm pada siku.
BMW iDrive kini terdapat pada Z4. Sistem BMW Professional Multimedia Navigation telah memiliki hard disc mencapai 12 Gb dan BMW ConnectedDrive. Konstruksi yang unik pada bagasi adalah tersedianya ruang 180 � 310 liter, sehingga mampu untuk menaruh tas golf.
Jangkauan pandangan mata pengendara dari dalam kabin kini telah disempurnakan, pandangan ke sekeliling bertambah 14 persen. Kaca samping yang lebih lebar menambah pandangan pengendara 40 persen.
Z4 terbaru ini adalah yang pertama menggunakan atap two-piece electro-hydraulically mengoperasikan Retractable Hard-Top dalam waktu 20 detik. Roadster ini juga kali pertama menggunakan M Suspension. Secara otomatis bisa diatur ketinggiannya mencapai 10 mm untuk mendapatkan pengendaraan yang dinamis. Tombol penyesuaian Sport + menjadi fitur standar Z4.
Roadster ini disuguhkan tiga model pilihan mesin enam silinder. Diantaranya mesin terbaru BMW Z4 sDrive23i, dan Z4 sDrive30i yang kedua mesinnya menggunakan material magnesium alumunium alloy dengan teknologi Double VANOS dan VALVETRONIC.
Entry-level Z4 sDrive23i memiliki kapasitas mesin 2.497 cc. Mampu memacu 204 hp pada 6.400 rpm dan torsi 250 Nm pada 2.750 rpm. Mampu melaju 0-100 kpj hanya perlu waktu 6,6 detik (7,3 detik menggunakan transmisi Sport Automatic). Untuk kecepatan tertinggi 243 kpj.
Dapur pacu BMW Z4 sDrive30i memiliki kapasitas silinder 2.996 cc hingga mampu menyajikan tenaga 258 hp pada 6.600 rpm dan torsi 310 Nm pada 2.600 rpm. Perlu waktu 5,8 detik untuk melesat 0-100 kpj. Konsumsi bahan bakar sDrive30i sama baiknya dengan sDrive23i yaitu 11,62 kilometer per liter.
Sementara Z4 sDrive35i mengandalkan kapasitas mesin 2.979 cc berpadu twin-turbocharger dan teknologi high-precision direct injection. Diyakini memproduksi torsi 400 Nm pada 1.300 rpm dan tenaga 306 hp. Melesat 0-100 kpj hanya perlu waktu 5,2 detik. Adapun konsumsi bahan bakar mencapai 10,5 kilometer per liter. sDrive35i memiliki kelebihan pada penggunaan Double Clutch Transmission.
Teknologi EfficientDynamic yang disuguhkan pada Z4 menjanjikan performa dan juga meyakinkan tingkat efisien bahan bakar dan rendah emisi. Fitur lainnya yang mendukung adalah Brake Energy Regeneration, Electric Power Steering with Servotronic, Reduced Rolling Resistance Tyres, on-demand control of the engine's ancillaries and Optimum Shift Indicator on manual transmission cars.
Namun mobil ini tidak memiliki data mekanik dan hanya model prototipe yang tidak ada rencana untuk diproduksi masal,namun mobil ini masih dapat melaju hingga 250 mph jika menggunakan mesin V-10 dari sedan M5.
No comments:
Post a Comment