Jun 29, 2009

Foto Mobil Sport Ferrari FXX Evolution

Foto Mobil Sport
Ferrari:
Ferrari FXX Evolution (2008)

Klik thumbnail untuk download foto mobil ukuran 1600 x 1200



Klik thumbnail untuk download foto mobil ukuran 1600 x 1200


Mobil Ferrari FXX Evolution. Seperti tersirat dari namanya, FXX Evoluzione merupakan evolusi lanjutan dari progarm FXX yang diluncurkan Juni 2005. Dalam program ini Ferrari memperlakukan peserta progam -miliarder pecinta Ferrari- sebagai "clients test driver".

Bedanya dengan in-house test driver, mereka membeli sendiri mobilnya dengan harga yang sangat mahal, termasuk paket pengujian di sejumlah trek balap. Mereka akan menguji sejumlah peralatan baru yang dikeluarkan. Pengalaman yang sangat eksklusif, termasuk bekerjasama dengan legenda F1, Schumacher yang beberapakali terlibat dalam progarm FXX 2006-2007.

FXX Evoluzione digelar setelah program 2 tahun FXX sebelumnya tuntas. Program baru ini akan berlangsung dua tahun dan menggunakan mobil balap (track-only) yang lebih radikal. Berbekal informasi telemetri sejauh 35,000km yang dikumpulkan dari 20 mobil yang digunakan FXX sebelumnya, para insinyur Ferrari berhasil mempertajam kapabilitas mobil.

Menurut rilis Ferrari, daya maksimal kini 860hp (V12, 6262cc), redline didorong hingga plafon 9,500rpm dan shifttime (waktu perpindahan gigi) dipangkas hingga 60 milisekon. Traksi kontrol dimodifikasi untuk tidak terlalu sering mengintervensi, lebih mudah beradaptasi dan bisa di atur dari dalam kokpit pada saat mobil melaju dengan pilihan sembilan setting berbeda (termasuk off). Ini memberi kebebasan seperti layaknya pengemudi mobil F1 untuk memaksimalkan peforma dan mengurangi keausan ban. Geometry suspensi dimodifikasi, juga paket aerodinamis membuatnya mobil ini tampil sedikit berbeda dengan sebelumnya.

Hasil dari aneka perubahan itu FXX Evoluzione bisa melintasi satu putaran/lap di Fiorano, sirkuti milik Ferrari dalam waktu 1menit 16detik atau dua detik lebih cepat dari pendahulunya. Kit ini bisa dipasang di 20 unit FXX yang ada sekarang termasuk program baru yang membawa mobil ini ke enam sirkuit (dua di Amerika Utara, dua di Eropa dan dua di Asia) setiap tahun dalam dua tahun kedepan.

Dua tahun lalu Ferrari meluncurkan FXX yang bisa dibilang high end version dari Enzo, mobil termahal Ferrari saat ini. Lebih canggih dan merupakan perwujudan dari puncak keahlian Ferrari menciptakan sport car dikombinasikan dengan pengalamannya di ajang balap. Peformanya luarbiasa. Mesin 6262cc V12 memproduksi lebih dari 800hp pada 8500rpm. Gearbox-nya dihasilkan dari teknologi F1 dan bisa memindah gigi kurang dari 100 milisekon, hampir secepat mobil F1.

FXX punya rasio power-to-weight 3.18 pounds per horsepower. Disain aerodinamisnya menambah downforce hingga 40% dibandingkan Enzo yang sudah sangat mengagumkan itu.

Seperti program FXX sebelumnya, mobil-mobil dalam FXX Evoluzione ini didukung tim resmi terdiri dari 15 orang. Tim ini terdiri dari sejumlah insinyur, pakar elektronik dan mekanik yang memberikan dukungan penuh kepada klien. Termasuk mengorganisir private individual track session.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment